12 Penyebab Umum Perempuan Sulit Hamil

Gangguan kesuburan dapat diakibatkan karena perempuan atau laki laki dengan berbagai alasan gaya hidup hingga kesehatan. Seperti yang dikutip dari mayo clinic,10-15% pasangan yang memiliki ketidaksuburan di Amerika Serikat diakibatkan karena alasan kesehatan yang terjadi pada wanita atau laki laki. Penyebab umumnyasulit hamilperempuan disebabkan karena masalah ovulasi, dimana pelepasan telur yang matang yang kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk dibuahi. Tanda umum pada perempuan sulit hamil adalah periode datang bulan yang abnormal atau tidak teratur masalah ovulasi.
Di bawah ini adalah beberapa penyebab perempuan sulit hamil karena masalah ovulasi :

1.  Menoupause Dini
Terjadinya kekurangan atau hilangnya menstruasi ditandai dengan folikel ovarium sebelum wanita memasuki usia 40 tahun. Perempuan memasuki menoupause apabila fungsi ovarium dan datang bulan terhenti. Menopause dini dapat disebabkan karena radiasi yang memicu kekebalan di dalam tubuh wanita tersebut. 

2.  Kerusakan Pada Saluran Telur (Tuba)
Penyumbatan atau adanya jaringan perut yang disebabkan karena meradangnya saluran tuba sehingga mempengaruhi kesuburan. Kerusakan tersebut disebabkan karena infeksi penyakit menular seksual teruatama oleh klamidia. Kasus lainnya dapat dikarenakan penyumbatan penyakit karena radang panggung atau pasca operasikehamilan ektopik.

3.  Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) / mentruasi tidak teratur
Merupakan kondisi yang mengakibatkan terjadinya produksi hormon androgen dan salah satu penyebab terjadinya gangguan kesuburan pada wanita. Ketidakseimbangan ini yang akan mengakibatkan PCOS bermasalah dengan ovulasi dan terganggunya siklus datang bulan.

4.  Endometriosis
Jaringan rahim yang tumbuh di bagian luar rahim sehingga mempengaruhi indung telur, saluran telur, telur, rahim dan juga fungsi sperma. Pada kasus ringan, konsepsi mungkin terjadi karena tidak semua wanita mengalami gangguan kesuburan.

5.  Ovarium jaringan parut
Kerusakan fisik pada ovarium dapat mempengaruhi ovulasi wanita, kerusakan ini dapat disebabkan pembedahan akibat terjadinya kista ovararium. Operasi konstan yang lebih luas akan mengakibatkan jaringan perut, folikel yang melekat akan mengakibatkan gangguan pada proses ovulasi yang tidak lengkap.

6.  Adhesi Pelvis
Jaringan perut akibat terjadinya operasi panggul, usus buntu akan mengganggu kesuburan yang mengubah struktur saluran tuba dan mengalami perjalanan yang sulit pada telur wanita. Sehingga seringkali mengakibatkan gangguan pada kesuburan wanita akibat perjalanan melalui saluran yang terhambat.

7.  Masalah Tiroid

Hipertitodisme kondisi ini dikarenakan adanya kelenjar tiroid abnormal yang terlalu aktif, sedangkan tiroid hipotorodisme merupakan kondisi dikarenakan tiroid tidak aktif, kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan masalah kesuburan pada wanita.

8.  Pengobatan Kanker
Ketika sedang menjalani radioterapi maka pengobatan kanker dapat mengganggu dan mengakibatkan sistem reproduksi pria atau wanita terganggu. Penelitian ini menunjukkan adanya penurunan pada kesuburan wanita disebabkan karena efek samping dari radiasi. Meskipun demikian kondisi ini akan tergantung pada bagian tubuh yang terpapar sinar.

9.  Gaya Hidup
Kebiasaan dengan gaya hidup yang tidak sehat dapat mempengaruhi kesuburan salah satunya ketika anda adalah pecandu rokok atau makanan cepat saji yang banyak mengandung lemak tidak sehat. Perhatikan pula konsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan gangguan kesuburan, usahakan konsultasikan dengan dokter untuk pencegahan obat obatan tertentu. 

10. Kualitas Sperma / sperma sedkit
Kualitas sperma juga sangat mempengaruhi proses kehamilan. Kualitas sperma yang kurang bagus akan mengakibatkan pembuahan terhadap sel telur yang sudah matang menjadi sia-sia sehingga tidak terjadi hamil. 
Kesuburan pria tentu memegang peranan yang sama pentingnya dengan wanita. Dalam hal ini adalah jumlah sel sperma pria. Ejakulasi normal harus mengandung setidaknya 39 juta sperma. Jumlah sperma yang rendah atau kurang dari 20 juta sperma per mililiter air mani sangat kurang untuk membuahi sel telur.

Menurut Mayo Clinic, ejakulasi normal harus mengandung setidaknya 39 juta sperma dan dengan hal ini diharapkan akan bisa membuahi sel telur.

Ketika sel sperma pria terlalu rendah, wanita tetap bisa hamil namun biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama. Konsultasikan masalah tersebut dengan dokter untuk membantu anda segera mendapatkan kehamilan.

11. Berat Badan Tidak Ideal
Kurangnya lemak bisa memperlambat produksi hormon-hormon yang diperlukan untuk ovulasi, termasuk hormon estrogen. Estrogen dan testosteron, yang merangsang produksi sperma berasal dari kolesterol. 

Wanita yang mempunyai masalah kelebihan berat badan juga mungkin sulit untuk hamil. Hal ini karena sel-sel lemak terlalu banyak menyebabkan kelebihan produksi estrogen, sehingga ovulasi tidak teratur. Juga, obesitas dapat meningkatkan risiko keguguran dan juga merupakan bagian dari tanda gangguan kehamilan yang perlu diwaspadai.

Pada pria kelebihan berat badan atau laki-laki pria yang kegemukan hal ini akan mengakibatkan serta juga membuat gerak sperma lambat dan jumlah sperma mungkin turun karena testis menjadi terlalu hangat karena badan yang gemuk. Jangan terlalu kurus dan jangan terlalu gemuk.

12.  Usia
Meski faktor ini tidak langsung menjadi kendala Anda dalam memiliki buah hati, jumlah sel telur akan secara signifikan menurun sekitar umur 30 dan inilah yang menjadi masalahnya. Sebab semakin sedikit sel telur yang tersedia, semakin sedikit pula kesempatan untuk dibuahi dan diproses menjadi embrio.

Tidak sedikit wanita yang menunda kehamilan dan mendahulukan karir. Namun ketika menginjak usia 30-an ke atas, peluang untuk hamil semakin kecil dibandingkan ketika masih berusia 20-an. Terlebih lagi ketika menginjak usia 40-an, peluang hamil semakin tipis bahkan hilang sama sekali.

Mousa Shamonki, MD, direktur spesialis kesuburan di University of California mengatakan, “Semakin tua usia wanita, jumlah produksi sel telurnya akan berkurang dan terjadi penurunan kualitas secara dramatis. Tubuh wanita tidak dirancang evolusioner untuk hamil dengan mudah seperti ketika wanita berada di usia 20-an tahun.”

Usia dianggap sebagai faktor yang wajar jika dikaitkan dengan infertilitas pada perempuan. Di atas usia 40 tahun perempuan memiliki jumlah sel telur yang lebih rendah dan cenderung kurang sehat. Risiko keguguran pun menjadi lebih tinggi pada kehamilan perempuan yang usianya lebih tua.
---------------------------
Bagi Bunda & sista yang sedang berusaha mendapatkan kehadiran buah hati, kami memiliki herbal yang bisa membantu cepat hamil. Adapaun Paket Hamil Terdiri 3 macam: 

Paket Hamil Reguler 500 ribu : Herbal Crystal X dan Herbastamin
Paket Hamil Cepat 1 jt : Herbal Crystal X, Herbastamin, Lecitin dan Amne
Paket Hamil Tokcher 2 jt : Herbal Crystal X, Lecitin, Royal Jelly, Amne (2 botol), Herbastamin (2 botol) dan Natural Chlorophyllin

Ayo tunggu apa lagi bunda, lengkapi kebahagiaan rumah tangga dengan hadirnya sang buah hati.
Pembelian hari ini sy gratiskan ongkir seluruh indonesia
=================================================
Cara Pemakaian Paket Hamil Nasa :

Untuk Suami:
Herbastamin diminum sehari 3 kali @ 1 kapsul (maksimal diminum 6 kapsul sehari)
Amne diminum 1 -2 capsul 3 x sehari sebelum makan.
Untuk istri :

Crystal X untuk pemakaian luar, dipakai sehari 2 kali setelah mandi pagi dan sore
Lechitin diminum 2 kali sehari @ 1 sendok makan (sebelum makan)
Royal Jelly 2 kali sehari @ 1 kapsul (sebelum makan)
Chlorophyllin 2 kali sehari @ 1 sendok makan (sebelum makan)
==================================================
Konsultasi Lebih lanjut:
Sms/wa: 0812 2119 0018 (Telkomsel)
Bb:5F1369E4

0 Response to "12 Penyebab Umum Perempuan Sulit Hamil"

Posting Komentar

fb-like {opacity:0.0;}